RSS

P3B (Pertolongan Pertama Pada Blackberry)

15 Agu

P3B (Pertolongan Pertama Pada Blackberry) adalah tindakan2 awal yang bisa kita lakukan saat BlackBerry kita bergaya “bengong” dan tidak melakukan aktifitas sebagaimana harusnya dia..

Langkah2 pada P3B yaitu :

1. Bersihkan memori
Ada beberapa langkah dalam acara bersih2 ini, intinya untuk melapangkan ruang gerak BlackBerry kita.
Contoh :
– a. Bersihkan Log (dengan menahan alt sambil menekan LGLG, saat layar log sudah terbuka, tekan tombol “menu”, pilih “clear log”)
– b. Memory Cleaning (dari menu utama, options > security options > memory cleaning, tekan tombol “menu”, pilih “clean now”)
– c. Bersihkan cache (dari menu utama, pilih “browser”, lalu tekan tombol “menu”, pilih “options”, pilih “cache operations”, tekan enter 4 kali untuk menghapus semua cache)
*note : sebisa mungkin lapangkan free space bb kita, kita bisa melihat file free kita dengan menekan alt+aA+h, bila perlu buang file2 simpanan kita pada memori internal, hapus themes2 tambahan (sisakan hanya themes yang sedang dipakai, selebihnya dihapus saja), uninstal aplikasi2 3rd party (lebih bijak dalam menggunakan aplikasi, bila tidak penting2 banget ya uninstal saja..)

2. RESET
Dilakukan untuk memutus semua kegiatan bb kita, karena kadangkala bb kita tetap melakukan proses walaupun aplikasi tersebut sudah tidak kita gunakan, karena BlackBerry OS mendukung multi-tasking, maka seringkali kita tidak menyadarinya.

Cara reset :
a. Soft-reset (dari menu utama, pilih “turn power off”, setelah benar2 mati, lepaskan batere ± 2 menit, pasang kembali batere dan nyalakan hh)
b. Hard-reset (sesuai namanya, saat hh kita kondisi menyala, lepaskan baterenya ± 2 menit, pasang kembali batere dan nyalakan bb)
c. Menggunakan aplikasi QuickPull (aplikasi ini mengkondisikan hh kita seperti sedang melakukan soft-reset)

3. Registrasi HRT (Host Routing Table)
Berguna untuk mengecek apakah blackberry kita sudah terdaftar dalam jalur jangkauan RiM sebagai penyedia layanan BlackBerry.
Caranya :
– dari menu utama, options > advanced options > host routing table, pada tulisan paling atas (tulisannya dengan huruf tebal/bold) tekan tombol “menu”, pilih “register now”
– maka beberapa saat kemudian kita akan mendapat notifikasi bahwa blackberry kita sudah ter-register pada network

4.Send Service Book (SSB)
Berguna untuk mengecek jalur push email kita. Caranya :
– melalui bb : dari menu utama pilih email setting, setelah masuk ke web browser yang menampilkan halaman setting email segera log in (bila sudah meng-create username dan password), pilih “help”, pilih “send service books”

– melalui PC : buka alamat setting email sesuai operator layanan BlackBerry kita (contoh: blackberry dari XL ), lalu log in sesuai username yang sudah kita create sebelumnya melalui bb kita, pilih “send service book”

– maka setelah beberapa saat kita akan mendapat notifikasi bahwa alamat2 email yang sudah kita set untuk proses push email ke hh kita sudah siap.

5. Hubungi operator
bila ke-empat langkah diatas masih belum bisa membangunkan Blackberry kita dari kegiatan “bengong”nya, kita bisa menelfon operator penyedia layanan BlackBerry kita. Disana akan di cek status layanan BlackBerry kita.

Jangan lupa untuk follow gw di @nazhar3

Posted with WordPress for BlackBerry.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 Agustus 2010 in Tak Berkategori

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: